Apa Itu Supplier dan Jenis-Jenis dari Supplier

Di dunia bisnis, banyak pemeran dan tugas yang dipegang beberapa orang agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Dalam rantai bisnis secara skala yang besar, pasti kamu pernah mendengar istilah supplier. Namun, pasti muncul di dalam benak kamu apa itu Supplier? Supplier secara umum adalah orang atau pihak yang memasok atau menjual bahan mentah ke pihak produksi.

Sebenarnya tidak hanya di bisnis dengan skala besar saja. Dalam bisnis food and beverages kecil pun ada istilah supplier. Dalam artikel ini kita akan mempelajari apa itu supplier dan kira – kira bagaimana tugasnya serta jenis dari supplier itu sendiri.

apa itu supplier

© Pexels

Apa itu Supplier?

Seperti yang kita bahas sebelumnya, supplier mempunyai peran dalam sebuah bisnis untuk memasok barang mentah ke pihak produksi agar bahan mentah tersebut bisa dipasarkan. Banyak ahli yang menyatakan bahwa pengertian dari supplier ini adalah suatu perusahaan yang menjual bahan mentah yang diperlukan perusahaan lain agar bisa mengolah bahan tersebut menjadi produk siap jual.

Pada saat ini, istilah supplier seringkali disamakan dengan distributor. Padahal kedua istilah tersebut mempunyai entitas yang berbeda. Distributor adalah orang yang fokus menjual atau menyalurkan produk ke pihak grosir agar bisa dijual ke konsumen. Sementara, supplier adalah pihak yang menjual bahan baku pada perusahaan yang memerlukan bahan baku tersebut.

Jenis – Jenis Supplier

Dari produk yang dihasilkan oleh supplier, secara garis besar supplier dibagi menjadi supplier produk dan jasa. Tidak hanya produk saja, ada juga supplier yang menyediakan jasa atau tenaga untuk pihak kedua. Berikut adalah jenis – jenisnya.

Supplier Produk Jasa

Supplier produk jasa adalah supplier yang sebenarnya mempunyai atau menyediakan bahan mentah menjadi produk jasa. Pihak supplier hanya akan memberikan suplai bahan mentah agar bisa diolah oleh pihak berikutnya agar menjadi produk jasa. Seperti contohnya adalah pengadaan satpam atau pengadaan office boy atau office girl.

Supplier Produk Barang

Sementara, supplier produk barang adalah supplier yang memberikan suplai produk bahan mentah untuk diolah dalam bentuk produk siap jual. Jadi, pihak supplier hanya akan memberikan bahan baku saja agar bisa diolah menjadi barang siap jual. Seperti contohnya, ada beberapa perusahaan supplier yang menyediakan kertas khusus untuk buku tulis. 

Kemudian, kertas tersebut akan dijual kepada perusahaan yang menjual buku tulis karena perusahaan tersebut pastinya membutuhkan kertas buku tulis untuk menjadi buku tulis. 

Cara Kerja Supplier

Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat maju ini, kebutuhan pelanggan dapat dengan mudah dipenuhi oleh supplier. Secara singkat ada lima hal utama yang harus dilakukan oleh pihak supplier.

Pertama, supplier harus bisa melakukan pengadaan bahan mentah untuk dijual pada pihak berikutnya. Kedua, supplier perlu memberikan informasi terkait bahan baku yang dijual. Ketiga, supplier harus melakukan proses pemasaran untuk bahan mentah yang mereka jual. 

Keempat, supplier harus mulai bekerja sama dengan para pemain bisnis. Yang kelima dan yang terakhir adalah menjaga kualitas dari bahan mentah yang disediakan ini agar kerja sama antara supplier dan pemain bisnis tetap terjaga dengan baik.

Sekian penjelasan kami terkait apa itu supplier dan jenis dari supplier serta bagaimana cara kerja pihak supplier. Untuk menjadi supplier, tentunya kamu harus mengerti rantai produksi dari bahan mentah kamu dan memiliki kredibilitas terkait dengan bahan mentah yang kamu jual. 

Default image
Max Edmund