Backlink: Salah Satu Faktor Penting Score SEO Website Kamu!

Seperti yang kita ketahui, dalam dunia digital marketing khususnya SEO, banyak faktor yang mendukung keberhasilan sebuah website. Backlink adalah salah satu faktor penting yang menjadi pendorong keberhasilan dari sebuah website. Google sendiri menganggap backlink sebagai verifikasi otoritas dan relevansi dari website kamu.

Secara umum, backlink ini adalah tautan atau URL pada page yang ada di web kamu yang mengarahkan ke situs atau web lainnya. Backlink ini bisa dikatakan sebagai tanda bahwa sebuah situs atau web bisa dipercayai. Backlink ini bisa meningkatkan jumlah domain authority atau page authority pada website kamu yang kemudian jadi penilaian SEO dari Google.

Sebelum kita lanjut lebih dalam, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang backlink ini. Pada artikel ini kita akan membahas tentang apa itu backlink dan apa yang menjadi pengaruh backlink terhadap penilaian SEO di website kamu. 

backlink adalah manfaat pengertian

© Pexels

Pengertian Backlink

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, backlink ini adalah tautan atau URL yang ada pada page di website kamu yang mengarahkan ke website atau situs lainnya. Backlink membantu visitor website untuk mendapatkan informasi di luar website kamu yang lebih dalam terkait artikel di website kamu.

Dengan adanya backlink pada website kamu, kamu bisa membuat konten berkualitas leih baik dengan informasi yang lebih mendalam tanpa harus membahasnya keluar dari topik utama artikel kamu. Untuk itu, jumlah backlink yang berkualitas dapat menambahkan nilai SEO website kamu.

Backlink berkualitas yang kamu maksud disini adalah website yang kamu jadikan URL backlink dan mempunyai nilai SEO baik maupun reputasi yang baik. Sehingga, Google akan membaca website kamu sebagai website yang mempunyai relevansi tinggi. Backlink yang bagus nantinya akan membantu website kamu muncul di bagian atas dari SERP.

Jenis Backlink

Dalam backlink yang kita bahas ini, ada beberapa jenis yang perlu kamu ketahui. Jenis backlink ini dibagi sesuai dengan manfaat dan fungsinya masing – masing.

  • Guest post Backlink – backlink yang digunakan untuk situs web lain. Backlink ini membantu kamu untuk membangun kredibilitas awal
  • Editorial backlink – backlink ini mempunyai posisi natural dari web lain ke website kamu dalam konten berkualitas dengan berbagai bentuk. Seperti contohnya sitasi, referensi, atau informasi tambahan.
  • Comment backlink – backlink ini adalah backlink yang menyertakan backlink pada kolom komentar di website lainnya. Jika tidak dilakukan secara over, jenis backlink ini dapat menghasilkan traffic ke website kamu.
  • Do-follow backlink – backlink yang menginformasikan mesin pencarian untuk memmperhatikan backlink ke score SEO dari URL yang diberikan.
  • No-follow backlink – nofollow backlink memberitahu Google untuk mengabaikan backlink yang kamu berikan agar tidak melihat score SEO dari URL yang diberikan

Manfaat dari Backlink

Setelah kamu mengetahui jenis – jenis dari backlink yang ada, kita akan membahas juga manfaat dari backlink ini. Memang betul, backlink dapat memberikan kamu score SEO yang lebih baik. Tetapi ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari memberikan backlink pada website kamu.

Meningkatkan exposure dari website kamu – semakin banyak backlnik yang kamu berikan, semakin banyak website kamu ditampilkan di website lain.

Meningkatkan kredibilitas website – mendapatkan backlink dari website lain. Berarti website kamu dapat dipercayai mempunyai kualitas konten yang baik dan layak untuk dibaca.

Memudahkan website terindex oleh Google – backlink dapat membantu website kamu dalam proses index yang dilakukan oleh Google.

Membangun relasi dengan website lain – backlink juga dapat membantu kamu untuk membangun relasi terhadap website lain ketika website kamu dan website lainnya mempunyai niche atau topik yang sama.

Jadi, sangat penting untuk kamu menggunakan backlink dalam website kamu. Memang sekilas terasa rumit, tetapi kamu bisa membantu score website kamu lebih cepat untuk naik. Bagaimana? Yuk langsung praktek!

Default image
Max Edmund