Content Marketing dan Perannya Dalam Bisnis

Dalam pengembangan bisnis, kita tentu memerlukan adanya team marketing untuk memasarkan produk yang kita buat. Salah satu pemasaran digital jaman sekarang yang banyak digunakan adalah Content Marketing.

Pembuatan konten tersebut merupakan inti dari sebuah pemasaran yaitu memberikan pesan atau informasi kepada audience tentang produk anda. Konten bisa ada dimana saja, dalam sosial media, website, berita di media, dunia bisnis maupun di bidang kreatif entertainment. 

Untuk memahami lebih dalam tentang tujuan dari Content Marketing, manfaat dan apa saja contohnya, mari kita lihat artikel berikut.

Pengertian Content Marketing

Setelah membahas arti konten, kita akan membahas pekerjaannya yaitu Content Marketing. Pekerjaan ini pada dasarnya adalah teknik marketing yang menggunakan tulisan berupa pesan kepada calon customer agar tertarik membeli produk yang ditawarkan.

Misalnya seorang SEO harus mengetahui teknik dasar cara membuat konten yang menarik. 

Ada tiga syarat dari content marketing yaitu, seberapa penting, relevansinya dan harus konsisten dalam membuatnya. Misalnya, anda mempunyai bisnis Fashion. Maka buatlah konten yang relevan seperti membahas tentang nama brand bisnis Fashion anda.

Syarat lainnya adalah konsisten. Anda harus up to date dengan pembuatan konten secara terus menerus untuk meningkatkan awareness para audience yang nantinya akan menjadi calon pembeli dan meningkatkan penjualan anda.

Konten tersebut jangan lupa untuk didistribusikan melalui platform media yang ada untuk menarik perhatian dari audience yang membacanya.

Jenis-Jenis Content Marketing

Blog 

Blog adalah cara yang paling umum untuk membuat content marketing, karena disana kamu bisa menulis konten apa saja sesuai dengan bisnis yang kamu punya. Dalam blog, kamu juga bisa melihat tulisan orang lain yang mempunyai topik yang sama.

Misalnya konten kamu isinya mengenai Fashion. Maka dalam blog kamu dapat mempelajari isi dari konten orang lain mengenai Fashion, agar tulisan kamu semakin bervariasi dan info yang banyak.

 BLOG

©Pexels

Podcast

Podcast merupakan salah satu content marketing yang sekarang mulai meranah di Indonesia belakangan ini. Bedanya dalam podcast biasanya kamu langsung berbicara untuk menarik audience menjadi calon customer kamu, berbeda dengan SEO atau Blog. Seperti Radio, Podcast juga dapat didengar kapan saja di mana saja sambil mengerjakan hal lain.

Video dan Gambar

Menggunakan video atau gambar yang menarik, merupakan cara yang menyenangkan untuk dilihat dari sisi customer. Platform yang paling terkenal untuk membuat video sekarang adalah Youtube. Inilah mengapa zaman sekarang pengiklan memasang iklan-iklan di channel Youtube yang besar, karena pendapatan dari adsense yang tinggi juga.

Email

Salah satu marketing yang digunakan sekarang adalah email. Kamu pasti pernah memasuki email kamu sebagai syarat log in ke salah satu e-commerce kesukaan anda. Inilah merupakan strategi mereka untuk memasarkan produk lewat email user yang mereka kumpulkan menggunakan content writing.

Manfaat Content Marketing

Selain meningkatkan skill komunikasi dan story telling kamu, berikut merupakan manfaat lainnya :

Menulis Content SEO

Bagi digital marketer, teknik SEO juga merupakan teknik yang dipakai untuk memperbagus isi dari website bisnis kamu. Disini kamu harus mengisi konten yang relevan dengan marketing penjualan produk kamu, sehingga produk kamu nantinya akan dibeli oleh pelanggan.

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dalam penulisan konten yang selalu update dalam website, kamu akan mempunyai dampak yang berbeda dengan website yang kontennya jarang di-update. Dengan informasi yang baik, maka akan meningkatkan kredibilitas bisnis anda dan para pelanggan. Dari content marketing kamu yang bagus, maka pelanggan akan selalu tertarik dengan produk-produk yang kamu tawarkan.

Meningkatkan awareness

Inilah fungsi dari content marketing dimana kamu bisa ‘menggaet’ para audience yang nantinya akan menjadi pelanggan kamu, setidaknya mereka akan aware dengan brand yang kamu produksi.

CONTENT MARKETING

©Pexels

Jadi, seorang content marketing sangat penting dalam proses pemasaran sebuah produk yang nantinya akan dibeli oleh pelanggan. Sudah banyak para pebisnis besar yang menarik seorang content marketing untuk keperluan pemasaran, agar penjualan mereka efektif dan sesuai dengan tujuannya. 

Default image
Ronaldo Nongsina