Apa Itu Creator Studio Facebook? Ini Fitur dan Cara Aksesnya

Creator Studio Facebook merupakan salah satu fitur yang dikembangkan oleh Facebook. Fitur ini akan sangat bermanfaat bagi pengembangan bisnis atau perusahaan terutama dalam mensukseskan strategi pemasaran.

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai pengertian, fungsi, dan cara mengakses fitur dari Facebook ini.

Apa Itu Creator Studio?

Apa Itu Creator Studio
Source: pexels.com

Fitur ini merupakan sebuah fitur atau tools yang dikembangkan oleh Facebook dimana terintegrasi dalam satu sistem sehingga bisa dengan mudah mengelola postingan di sosial media, mengelola sosial media, dan mengakses data dan insight mengenai perkembangan sosial media.

Dengan adanya integrasi mengenai berbagai informasi di atas, memudahkan pemilik bisnis untuk melakukan promosi atau strategi pemasaran produk yang diperjual belikan.

Fitur Creator Studio Facebook

Fitur Creator Studio Facebook
Source: pexels.com

Dalam tools atau aplikasi ini, terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan sesuai fungsinya, di antaranya adalah:

1. Content Library

Content library merupakan menu yang berisikan kumpulan konten sosial media dari akun Facebook. Konten yang masuk ke menu ini merupakan konten yang sudah dipublikasikan atau yang belum sempat dipublikasikan.

Informasi yang tersedia dan bisa diakses adalah status konten, tanggal konten diunggah, jumlah impresi, engagement konten, dan pengunggah konten tersebut.

2. Post Timeline dan Post

Post timeline dan post merupakan fitur yang tersedia di dalam content library. Menu post timeline merupakan tampilan konten sosial media dari sisi audience atau penonton, sedangkan post merupakan tampilan konten dari admin yang mengelola sosial media tersebut.

3. Post Testing

Post testing merupakan fitur yang bisa dijadikan bahan percobaan sehingga kamu bisa menghasilkan formula konten dengan angka engagement yang tinggi.

4. Video You Can Crosspost

Video you can crosspost merupakan fitur dimana satu video yang diunggah sekali bisa digunakan ulang di halaman lainnya selama masih digunakan oleh akun yang sama. Fitur ini memberikan keuntungan yaitu tidak perlu melakukan upload video secara berulang-ulang.

5. Playlist dan Series

Playlist dan series merupakan fitur yang hampir sama dengan fitur sebelumnya. Fitur ini membantu menampung sejumlah video konten yang dimiliki sehingga halaman user bisa dengan mudah menemukan konten yang terkait.

6. Clips

Clips merupakan fitur yang digunakan untuk mengelola potongan-potongan video highlight video sehingga video yang panjang bisa disajikan ke user hanya di bagian yang menariknya saja dengan durasi yang pendek.

Setelah video highlight diunggah, pengunggah konten bisa mengecek jumlah respon, tayangan, dan share dimana bisa digunakan sebagai bahan evaluasi untuk konten selanjutnya.

7. Instagram Content Management

Instagram content management merupakan halaman khusus yang digunakan untuk mengelola konten di Instagram. Disini tentunya kamu perlu menghubungkan antara akun Instagram dan akun Facebook yang digunakan.

8. Sound Collection

Sound collection merupakan fitur yang menyediakan lagu atau musik yang biasanya dimasukkan atau digunakan oleh para pembuat content creator profesional. Disini lagu yang tersedia sangat banyak dan bisa difilter sesuai dengan keinginan.

Cara Aksesnya Creator Studio di Facebook

Cara Aksesnya Creator Studio di Facebook
Source: pexels.com

Untuk mengakses tools atau aplikasi dari Facebook ini sangatlah mudah. Bisa langsung diakses melalui Facebook.com dan memilik laman creator studio. Kemudian lakukan login untuk bisa masuk ke akun yang akan digunakan.

Hadirnya Creator Studio Facebook semakin memudahkan pekerjaan para content creator, terutama dari manajemen dan pembuatan konten yang bagus. Hal ini penting karena konten yang bagus akan membawa engagement yang tinggi dan produk di dalam konten akan semakin banyak terjual.

Default image
Mendy