Data Analyst Sebagai Profesi Penting Perusahaan

Data Analyst

Data Analyst merupakan salah satu  profesi yang sedang banyak dipakai oleh perusahaan dalam industri Digitalisasi karena perusahaan tersebut menggunakan data untuk membuat sebuah keputusan nantinya. Profesi ini termasuk yang paling dekat dengan pengolahan data seperti pekerjaan lainnya yaitu Data Scientist dan Data Engineering.

Pekerjaan ini banyak dibutuhkan di industri bisnis yang menggunakan big data sebagai sarana pengambilan keputusan untuk pelanggan karena semua keinginan pelanggan yang dapat direkam melalui algoritma dan inilah yang dapat menentukan produk atau jasa apa yang dibutuhkan kepada calon customer.

Lalu apa sih yang menarik mengenai Data Analyst ? Dalam artikel ini, semua akan dijelaskan secara lengkap tentang Data Analyst, skill yang diperlukan sampai gaji yang didapat.

Profesi Data Analyst 

Data Analyst adalah pekerjaan menganalisa data perusahaan dan menjadikan sebuah laporan utuh untuk membantu proses pembuatan keputusan dalam manajemen perusahaan.

Data yang dianalisis adalah data yang berbentuk statistik dan harus divisualisasikan ke tampilan yang mudah dipahami oleh orang awam, hasilnya dapat mempengaruhi perjalanan bisnis perusahaan tersebut seperti data penjualan produk, riset market audience, pengeluaran terbesar dalam sebuah produk, biaya transportasi

Seorang yang bisa mengejar karir di profesi ini biasanya dari jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Matematika, sebab dari kedua ilmu tersebut mempelajari bentuk big data berupa struktur statistik atau mengenali istilah Data Mining. Profesi ini dapat berkolaborasi juga dengan Data Scientist atau Data Engineering karena ketiga profesi ini sama-sama bekerja dengan data.

©Pexels

Tugas Utama Data Analyst

  1. Menganalisis data perusahaan dalam bentuk data statistik untuk melakukan sebuah penelitian 
  2. Menerjemahkan data kompleks menjadi data berbentuk grafik yang mudah dilihat
  3. Memasukan data-data ke dalam kategori tertentu agar mudah mencari solusinya 
  4. Memproses pembersihan data perusahaan secara menyeluruh
  5. Menggunakan software seperti SQL, Python dalam menerjemahkan data

Skill yang harus dimiliki

  1. Memahami aplikasi SQL, Python, Excel, SPSS, SAS
  2. Memfilter data, membersihkan dan merapikan data
  3. Menginterpretasikan data secara menarik, misalnya mahir dalam pembuatan desain grafik yang bagus seperti Tableau, D3.js, Plotly
  4. Memiliki skill komunikasi yang kuat dan data storytelling 
  5. Pengetahuan bisnis yang dapat membantu dalam pengembangan perusahaan dan memberikan solusi sesuai dengan goals perusahaan

©Pexels

Gaji seorang Data Analyst

Karena profesi ini sudah banyak dibutuhkan dalam pengembangan bisnis secara digital, gaji yang ditawarkan oleh perusahaan juga cukup tinggi, untuk fresh graduate atau Analyst Data yaitu 4 – 6 juta rupiah. Berpengalaman 3-5 tahun bisa mencapai 9 – 12 dan untuk level professional kisaran juta 18 – 20 juta/bulan. Tentunya dalam konteks gaji akan selalu disesuaikan dengan modal perusahaan dan seberapa pentingnya posisi tersebut.

 

Tenang saja, bagi kalian yang ingin mempelajarinya dari lulusan non-teknis masih sangat memungkinkan kok, karena sudah banyak online course yang telah menawarkan bimbingan belajar mempelajari hal-hal fundamental apa saja yang dibutuhkan oleh pekerjaan tersebut. 

Misalnya dalam Jurusan Ekonomi, kalian dapat memanfaatkan ilmu ekonomi kalian dalam mengembangkan bisnis dengan cara mengumpulkan data-data secara statistik dan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis kalian, jadi kalian masih mempunyai kesempatan lebih banyak dalam belajar menjadi Data Analyst asalkan ingin men-develop diri sendiri dan belajar menjadi profesi tersebut.

Default image
Ronaldo Nongsina