Apa itu Diakronik? Bagaimana Cara Berpikir Secara Diakronik?

Dalam melihat sejarah yang sudah berlalu, ada beberapa metode cara berpikir yang digunakan setiap orang dalam menyerap informasi yang ada. Diakronik adalah salah satu dari metode menyerap informasi dalam melihat sejarah. Namun, pastinya kamu akan bertanya – tanya apa itu diakronik dan bagaimana contoh cara berpikir secara diakronik.

Cara berpikir diakronik sangat penting dalam menyerap informasi dalam sejarah. Selain diakronik, ada pula cara berpikir secara sinkronik. Kedua cara berpikir ini adalah cara yang bisa kamu gunakan agar tidak mudah termakan oleh hoax. Cara berpikir ini adalah cara berpikir yang tidak memakan informasi secara mentah – mentah atau secara awam.

Apa itu Diakronik?

diakronik adalah

© Pexels

Berpikir dengan cara metode diakronik adalah cara berpikir yang sifatnya memanjang dalam waktu namun menyempit dalam ruang. Maksudnya, cara berpikir ini akan lebih menekankannya pada kronologis. Artinya, cara berpikir diakronik akan fokus pada bagaimana runtutan dan proses dari pada sebuah kejadian di masa lampau.

Berpikir dengan cara diakronik atau sesuai kronologis ini akan membantu kamu dalam memahami urutan dari sebuah kejadian. Cara kamu menyerap informasi dengan cara diakronik akan membuat kamu memahami suatu kejadian sesuai dengan timeline atau urutan waktu yang tepat. Mungkin kamu sudah familiar dengan cara berpikir ini ketika kamu belajar sejarah di bangku SMA. 

Cara berpikir diakronik ini akan memahami suatu kejadian pada garis besarnya saja. Sehingga cakupannya luas dan tidak fokus pada beberapa detil kejadian. Selain itu, cara berpikir diakronik ini akan membantu kamu dalam mengkaji suatu peristiwa pada satu waktu secara garis besar dan apa dampaknya terhadap peristiwa lainnya.

Cara Berpikir Diakronik

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, diakronik adalah cara berpikir sesuai dengan proses suatu peristiwa. Cara berpikir diakronik seringkali dikaitkan dengan cara berpikir secara kronologis. Diakronik pada kesimpulannya adalah cara berpikir seseorang, krologis adalah ilmu yang membantu orang – orang untuk berpikir secara diakronik.

Saat kamu berpikir secara diakronik, kamu akan bisa melihat sesuatu dan berpikir secara runtut dan berkesinambungan. Hal ini dikarenakan diakronik sangat mementingkan urutan kejadian dari suatu peristiwa. 

Dengan cara diakronik, kamu bisa mengidentifikasikan sebuah masalah dengan tepat dan terhindar dari cara pikir anakronik.Cara berpikir anakronik adalah cara berpikir yang mengutamakan subjek dan objek kejadian

Dalam cara berpikir diakronik ada istilah yang disebut sebagai periodisasi. Periodisasi ini bisa membantu  kamu dalam mengklasifikasikan peristiwa – peristiwa di masa lalu secara keseluruhan.dengan cara berpikir diakronik, kamu bisa menggunakan periodisasi untuk membantu kamu membagi beberapa kejadian atau peristiwa dalam kelompok tertentu.

Salah satu contoh berpikir secara diakronik dalam bisnis adalah ketika melihat perusahaan yang sedang mengalami penurunan. Ketika kamu berpikir secara diakronik, kamu bisa melihat alasan mengapa perusahaan tersebut bisa mengalami penurunan. Secara diakronik, pasti kamu akan mengurutkan ke akar masalah mengapa perusahaan tersebut bisa mengalami penurunan.

Kamu akan berpikir secara kronologis setiap keputusan perusahaan dan runtutan keuangan secara periodik atau tahun ke tahun. Sehingga dari situ kamu bisa menemukan inti permasalahan sebuah perusahaan bisa mengalami penurunan secara cepat tanpa harus kesusahan.

Sekian penjelasan dari kami terkait diakronik dan bagaimana cara berpikir diakronik. Ketika kamu mengalami masalah pada bisnis kamu, kamu bisa berpikir secara diakronik agar bisa menemukan masalah dengan cepat. Pelajari juga cara mengembangkan bisnis kamu disini ya!

 

Default image
Max Edmund