6 Pilihan Investasi yang Cocok Untuk Pemula di 2022

Belakangan ini, investasi seringkali ada dalam perbincangan di masyarakat. Investasi juga menjadi salah satu hal yang penting dalam hidup kamu nantinya. Sebenarnya banyak sekali investasi yang bisa kamu pilih. Karena pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia, cara investasi pun mulai ke ranah digital. Ada beberapa juga pilihan investasi yang memang cocok untuk investor pemula. 

Pada masa sekarang, sebagian besar anak muda pun juga sudah mulai melek dengan kondisi finansial masing – masing. Akhirnya banyak anak muda yang mulai berusaha memperbaiki keuangan secara pemasukan dan pengeluaran secara perlahan. Pengelolaan keuangan ini sangat perlu untuk anak muda yang sedang di umur prima.

Menabung salah satu contoh investasi yang secara umum diketahui masyarakat. Dengan menabung, kamu bisa melakukan investasi untuk keuangan kamu secara jangka panjang. Ada berbagai cara untuk menabung melalui investasi yang bisa kamu lakukan. Dalam artikel ini kita akan membahas apa saja pilihan untuk investasi untuk investor pemula seperti kamu.

investasi yang cocok untuk pemula

© Pexels

Emas

Emas adalah salah satu investasi yang paling dasar dan paling menguntungkan. Ketika kamu ingin investasi emas, kamu hanya perlu membeli emas dan menyimpannya di tempat yang aman atau di bank. Setelah harga emas mengalami kenaikan, kamu bisa menjual emas tersebut di tempat kamu membelinya atau di tempat lain.

Karena resikonya yang sangat kecil, emas ini merupakan investasi dengan perkembangan duit yang jangka waktunya lama. Harga emas rata – rata adalah kurang lebih 900 ribu per gramnya. Dengan harga tersebut kamu bisa mendapatkan emas 24 karat dengan kemurnian emas hampir 99,99%

Reksadana

Apabila kamu tidak mau investasi dengan emas, ada investasi lain yang bisa kamu coba yaitu reksadana. Reksadana sebenarnya juga memerlukan ilmu dasar dalam investasi. Tetapi jangan khawatir, dalam investasi reksadana, keuangan kamu akan diolah oleh manajer investasi. Reksadana ini sebenarnya adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari pemodal untuk diinvestasikan ke portofolio.

Saham

Nah, kalau menurut kamu investasi pada reksaadana kurang memuaskan, dengan modal yang lebih besar sedikit kamu bisa menginvestasikan uangmu pada saham. Saham adalah salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan namun dengan resiko yang cukup tinggi. Investasi dari saham bisa mendapatkan profit dari dua cara yaitu dividen dan capital gain.

Obligasi

Obligasi ini adalah surat hutang yang diperdagangkan di pasar sekunder dari bursa efek Indonesia. Dari obligasi ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang banyak sebagai investor. Dengan keuntungan yang besar dan resiko yang relatif rendah, kamu bisa mendapatkan profit yang jauh. Tetapi, tentunya ketika ingin untung yang besar, kamu harus memiliki modal yang besar untuk surat obligasi ini.

Deposit

Untuk kamu yang ingin menggunakan cara lebih sederhana lagi, kamu bisa menggunakan depositu untuk investasi. Deposito ini sebenarnya hanya menabung di bank tetapi dengan perkembangan uang yang cukup menguntungkan. Kamu bisa mendapatkan rata – rata bunga hingga 5% per tahunnya.

Properti

Opsi terakhir dari pilihan investasi yang mudah untuk pemula adalah properti. Memang di awal investasi kamu perlu mengeluarkan dana yang besar. Tetapi, dengan investasi pada properti, penyusutan harga yang kamu rasakan akan sangat kecil. Selain itu, kamu bisa menyewakan properti yang kamu miliki untuk pemasukan pribadi kamu.

Sekian penjelasan kami tentang pilihan investasi yang cocok untuk pemula. Bagaimana? Investasi mana yang menarik untuk kamu lakukan?

Default image
Max Edmund