Cara Manajemen Waktu Lebih Baik agar Bekerja Bisa Lebih Efektif!

Dalam satu hari, kita mempunyai waktu selama 24 jam. Manusia secara rata -rata menggunakan 8 jam untuk beristirahat. Kamu pastinya ingin menggunakan sisa waktu 16 jam yang ada di satu hari secara efektif, bukan? Nah, manajemen waktu adalah jawaban yang paling tepat. Walaupun sekilas terdengar mudah, tetapi tidak semua orang tahu cara mempraktekannya di kehidupan sehari – harinya.

Yang pasti, manusia juga memerlukan waktu tersebut untuk memenuhi kebutuhan individunya masing – masing. Tapi terkadang manusia seringkali lalai dalam menggunakan waktu 24 jam dalam sehari. Waktu dalam hidup setiap manusia pastinya sangat berharga. Kelalaian manusia itulah yang membuat terkadang manusia tidak menghargai waktunya dalam satu hari.

Manajemen waktu yang kita sebut sebelumnya adalah panduan untuk kamu yang ingin memanfaatkan waktu dalam satu harimu secara maksimal. Manajemen waktu ini akan berkaitan dengan perencanaan, pengendalian, dan penyusunan secara struktural dalam memprioritaskan aktifitas yang kamu lakukan dalam satu hari.

Apa itu Manajemen Waktu?

manajemen waktu adalah

© Pexels

Seperti yang kita bahas sebelumnya, manajemen waktu sangat penting untuk diterapkan pada kehidupan manusia. Kamu pastinya memerlukan manajemen waktu yang baik agar kamu tidak membuang waktu. Manajemen waktu juga menjadi salah satu metode yang dilakukan manusia untuk mengatur muatan bekerjanya dalam sehari – hari dan menyeimbangkannya dengan kebutuhan individu masing – masing.

Manajemen waktu ini sebelumnya adalah istilah yang sering disebutkan dalam dunia bisnis atau kerja. Tetapi kemudian, manajemen waktu ini juga sering diterapkan pada kehidupan harian setiap orang. Pada akhirnya, manajemen waktu menjadi sebuah hal dasar yang dibutuhkan manusia. 

Cara Menerapkan Manajemen Waktu

Menerapkan manajemen waktu adalah hal yang sulit namun sederhana. Kamu membutuhkan keterampilan untuk disiplin yang tinggi dan komitmen terhadap perencaan kamu. Ada beberapa cara yang bisa kami bagikan agar kamu bisa menerapkan manajemen waktu secara efektif.

Menetapkan Tujuan Jangka Panjang dan Pendek

Menyusun tujuan jangka panjang dan jangka pendek ini adalah tahap pertama dalam membuat manajemen waktu. Kamu bisa membuat list dari kedua hal tersebut agar kamu tahu mana tujuan yang bisa kamu prioritaskan atau yang bisa kamu kerjakan pada satu hari. Kamu bisa memulai dengan mengidentifkasikannya dengan beban kerja di setiap tujuan kamu.

Mengatur Jadwal dengan Agenda Kalender

Setelah kamu menemukan mana yang harus kamu kerjakan dalam waktu panjang ataupun pendek, kamu bisa mulai menyusun beban kerja per harinya. Sisihkan waktu untuk menyelesaikan tugas utama terlebih dahulu. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mensortir pertemuan yang bisa penting kamu datangi dan yang tidak. 

Kamu bisa menjadwalkan setiap agenda kamu di dalam kalender handphone kamu atau di kalender agenda kamu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa fokus terhadap tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Prioritas Pekerjaan Utama Kamu

Dalam menyusun dan merancang manajemen waktu ini, kamu harus bisa prioritas. Prioritas adalah sebuah teknik yang sulit tetapi bisa mudah jika kamu sudah terbiasa. Kamu bisa membuat list tugas yang sangat prioritas hingga yang paling tidak diprioritaskan. Dalam daftar list tersebut, kamu bisa menjumlah berapa hari yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Kemudian setelah kamu tahu berapa lama waktu yang diperlukan, kamu bisa menyebarkan beban waktu kerja tersebut dalam agenda kamu di kalender.

Sekian penjelasan kami tentang manajemen waktu untuk kehidupan sehari – hari dan caranya. Jangan lupa ya, membuang waktu sama berharganya dengan membuang uang loh!

Default image
Max Edmund