Cara Mudah Membuat Mind Mapping yang Simple 

Mind Mapping adalah cara untuk mempelajari sesuatu secara struktural yang memudahkan seorang dalam mengatur penempatan informasi dalam memori yang disimpan di ingatannya. Setelah itu, untuk memudahkan pencernaan memori tersebut, orang tersebut akan mengambil informasi yang sudah diingat menggunakan runtutan berpikir dari mind mapping tadi.

Pastinya, kamu sudah pernah dengar sebelumnya apa itu mind mapping dan menggunakan metode mind mapping ini dalam proses pembelajaran kamu. Dalam artikel ini kita akan membahas pengertian dari mind mapping ini dan bagaimana caranya membuat mind map yang simple untuk membantu kamu dalam memproses informasi.

Pengertian Mind Mapping

mind mapping adalah

© Pexels

Secara umum, mind mapping ini adalah sebuah metode mengingat atau menyerap informasi yang melibatkan pemetaan informasi dalam bentuk grafis. Mind mapping ini biasanya digunakan oleh orang yang mempunyai daya ingat visual lebih kuat dibandingkan tulisan. Metode ini dapat membantu seseorang lebih cepat mengingat karena metode ini sangat struktural.

Mind mapping ini pada dasarnya membantu seseorang dalam melihat informasi dari gambaran besarnya. Setelah itu, mind mapping ini akan mengulik informasi yang sudah dicerna menggunakan otak kanan dan otak kiri. Otak kanan akan membantu kamu dalam mengingat gambaran grafis yang kamu buat menyangkut informasinya. Sementara, otak kiri membantu kamu dalam mengingat strukturnya.

Untuk membantu kerja pikiran kamu, ada pentingnya untuk membuat mind mapping yang lebih simple. Hal ini bisa membantu kamu untuk menampung informasi lebih banyak dengan ruang penyimpanan memori yang lebih sedikit. Ada beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk membuat mind mapping lebih simple dan lebih menarik untuk diingat.

Membuat Mind Mapping Simple

Dengan mind map yang lebih simpel, tentunya akan memudahkan kerja otak karena mengingatnya menggunakan asosiasi antara gambar dan pola radial jaringan. Hal ini bisa membantu otak karena cara kerja otak juga dengan cara pola radial jaringan. Ada langkah yang bisa kamu ikuti agar bisa membuat mind map yang simpel dan fungsional.

1. Menyiapkan Perlengkapan 

Sebelum membuat mindmapping, ada baiknya kamu menyiapkan beberapa perlengkapan alat untuk memberi warna dan buku untuk menyimpannya. Saran dari kami adalah menggunakan spidol dengan warna tertentu untuk mengasosiasikan warna dan informasi penting. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan buku yang polos agar bisa leluasa menggambar mind map.

2. Menentukan Tema Mind Map

Setelah menyiapkan alat, kamu bisa mencari tema mind map untuk informasi yang akan kamu bahas di dalam mind map. Kamu bisa meletakkan tema utama di tengah gambar untuk menjadi pusatnya. Mulailah dari tengah agar kamu berkali – kali bisa ingat informasi utamamu. Selain itu, kamu bisa menggunakan grafis yang berkaitan dengan tema informasi mind map kamu.

3. Gunakan Satu Kata Kunci Setiap Informasi

Dalam membuat mind map kamu, kamu bisa menggunakan satu sampai tiga kata kunci untuk setiap informasi yang kamu masukkan. Dengan begini, kamu bisa membuat mindmap yang lebih simpel sehingga mindmap milik kamu tidak terlihat penuh dan terlalu berantakan. Kamu bisa membuat mind map di atas kertas percobaan lain sebelum menggambarnya secara permanen.

4. Gunakan Kode Warna

Seperti yang kita bahas sebelumnya, kamu bisa menggunakan kode warna tertentu untuk informasi yang mempunyai tema senada. Sehingga, dengan seperti ini kamu bisa memanfaatkan adanya perbedaan warna dan otak kamu bisa dengan mudah memproses informasi secara visual dengan kode warna tertentu.

Bagaimana? Mudah bukan untuk membuat mind map yang simple? Kamu bisa menggunakan mind map ini untuk informasi apapun untuk pembelajaran kamu!

 

Default image
Max Edmund