Pre Order: Pengertian dan Bagaimana Cara Kerjanya dalam Bisnis

Pre order adalah sebuah cara atau sistem di mana kamu bisa menjual produk sebelum produk tersebut ada secara fisik atau diproduksi. Sebagai pembeli, pasti kamu pernah membeli barang secara pre order dan menunggu beberapa hari agar barang atau produk tersebut siap dikirim. Dalam menjual produk, cara pre order ini sangat bisa membantu penjual.

Dalam sistem pre order, nantinya pembeli akan membayar terlebih dahulu barang yang akan dibeli. Ketika pembeli membeli barang secara pre order, maka barang yang akan dia terima sudah disiapkan khusus untuk pembeli, sehingga ketika barang yang akan diproduksi atau diluncurkan tersebut sudah jadi, pembeli yang sudah melakukan pre order akan mendapatkan barang itu secara prioritas.

Strategi pemesanan sebelum produksi atau pre order ini dapat dikatakan efektif dalam menciptakan sebuah hype dan eksklusifitas untuk pembeli atau calon pembelinya terhadap suatu produk. Untuk lebih lanjutnya, yuk kita bahas pengertian dari pre order.

Pengertian Pre Order

pre order adalah

© Pexels

Biasanya, Pre Order ini sering disingkat dengan kata PO. Pre order adalah sistem atau opsi dalam berbelanja dimana pembeli bisa membeli barang sebelum barang tersebut resmi dijual atau masih belum ada di pasaran. Dengan begitu, pre order ini sangat membantu pembeli untuk mendapatkan barang yang mereka mau dengan cepat. 

Selain dari sisi pembeli, penjual pun bisa menciptakan sentimen pasar yang lebih besar terhadap produk yang akan diluncurkan atau dirilis. Pre order ini biasanya dilakukan dalam beberapa kondisi saja. Misalnya ketika suatu perusahaan sedang meluncurkan produk barunya ke dalam pasar. Karena ingin menciptakan hype yang tinggi maka cara pre order digunakan.

Selain itu, perusahaan juga menggunakannya ketika meluncurkan produk yang mempunyai label limited edition. Sehingga, ketika produk itu sudah muncul di pasar tidak terjadi rebutan atau demand yang melonjak tinggi ketika supply tidak ada. Dengan sistem pre order pada barang limited edition, konsumen bisa mulai mengumpulkan ketertarikan terhadap barang tersebut.

Cara Kerja Pre Order

Dalam sistem pre order, ada beberapa tahap dari perusahaan mengiklankan produk hingga pembeli menerima produk.

Yang pertama, penjual akan memberikan informasi barang yang sedang di pre order. Informasi ini bisa berbentuk iklan ataupun product – listing pada tokonya. Kemudian, penjual akan memberikan informasi terkait deadline dari pre order barang yang dipasarkan.

Setelah pre order diinfomarsikan kepada pembeli dan calon pembeli, kemudian beberapa orang yang tertarik membeli akan mengisi list untuk pre order dari barang yang akan dibeli. Setelah itu penjual akan mengurutkan siapa saja yang masuk ke dalam daftar PO.

Kemudian, pembeli akan menunggu barang pre order sesuai dengan tenggat waktu dari waktu pre order yang ditentukan. Setelah barang diterima, maka barang akan dijual secara luas di pasar dengan stok yang terbatas dan tentunya dengan harga yang bisa jadi berbeda dengan harga per order.

Sekiian penjelasan kami tentang pengertian pre order dan bagaimana cara sistem pre order bekerja dalam sebuah transaksi jual beli. Kamu bisa menerapkan sistem pre order ada bisnis apapun yang kamu jalankan untuk mendapatkan keuntungan seperti yang sudah kita bahas di atas. Selain itu, sebagai pembeli, pre order akan memberikan sebuah pengalaman berbeda dalam membeli produk.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan pre order?

Default image
Max Edmund