Pengertian dari Startup dan Tips Untuk Memulainya

Apakah dalam perjalanan karir, kamu pernah mendengar istilah startup ? Startup adalah jenis perusahaan baru yang sudah banyak diminati oleh para fresh graduate maupun pekerja profesional. Kehadiran startup tentunya dapat membantu untuk menyerap tenaga kerja yang sudah mempunyai skill masing-masing

Sekarang kita akan membahas apa pengertian dari startup itu sendiri dan bagaimana ciri-ciri serta tips untuk memulai bisnis startup. Silahkan simak artikel berikut. 

Pengertian Startup

Startup adalah perusahaan yang baru saja diluncurkan atau sedang dalam proses mengembangkan produk dan memasuki pasar baru atau memperluas pasar yang sudah ada. Kebanyakan startup saat ini mengacu kepada perusahaan yang berbasis teknologi.

Pada umumnya, bisnis ini berusaha untuk memberikan jawaban dari kebutuhan masyarakat atau pasar.

startup adalah

Karakteristik Startup

Tentunya sebagai startup memiliki beberapa karakteristik dibandingkan dengan perusahaan pada umumnya. Berikut karakteristik yang terlihat pada startup.

  1. Startup biasanya masih berumur dibawah 4 tahun.
  2. Modal yang digunakan akan tergantung dari pergerakan bisnis yang sedang terjadi
  3. Dalam pendapatan per tahun, biasanya startup 
  4. Startup berfokus kepada pengembangan bisnis yang cepat
  5. Startup berusaha untuk menjawab permasalahan masyarakat yang belum ada, serta membangun sebuah pasar baru.
  6. Menggunakan layanan berbasis teknologi, serta diikuti dengan pembuatan fitur aplikasi
  7. Model bisnisnya biasanya mengikuti trend yang ada dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar

Tips Dalam Membangun Startup

Pada tahun awal, sebuah startup biasanya harus menghadapi banyak masalah. Ketika bisnis tumbuh, daftar tugas yang harus diselesaikan mungkin akan menjadi agak panjang. Pada tahap ini, kamu mungkin terlibat dalam aktivitas yang non teknis. Ada kemungkinan besar kamu akan membutuhkan banyak uang dari investor dan exposure dari segala pihak.

Sebagai seorang enterpreneur yang ingin membuat startups, goals kamu adalah memahami cara kerja internal perusahaan dan permasalahan masyarakat luas. Setiap ide bisnis yang diciptakan harus sejalan dengan tujuan utama perusahaan. Ketika kamu fokus pada pertumbuhan startup, kamu akan menemukan jalan sendiri bagaimana menyelesaikan permasalahan tersebut.

Berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan jika kamu mendirikan sebuah startup.

Membentuk team yang solid dan konsisten

Tentunya dalam membuat segala sesuatu, kamu tidak bisa melakukannya dengan sendirian. Kamu memerlukan bantuan orang lain, termasuk pembentukan team. Team yang kuat akan membantu kamu dalam pencarian ide, solusi masalah dan visi yang sama dalam jangka panjang.

Kamu juga dapat membangun komitmen dengan setiap karyawan yang diperlukan jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda. Manfaat dari team yang kuat akan mendapat manfaat dari penggunaan citra atau pandangan, baik dari pemberi dana, investor, maupun pemegang saham.

Bertanya dan menambah Ilmu

Selain mendapatkan team yang kuat dan solid, tips lainnya adalah dengan bertanya terus menerus dan mencari ilmu dari segala aspek. Dengan ilmu yang hanya kamu miliki tidak akan cukup dalam menyelesaikan permasalahan, maka dari itu kamu harus mencari ilmu yang banyak. 

Kamu juga dituntut untuk berfikir secara inovatif dan menemukan pasar baru dalam perjalanan membentuk startup.Semakin banyak ilmu dan informasi terhadap permasalahan yang dibutuhkan oleh masyarakat, kemungkinan besar startup mu akan berhasil.

Mencari Investor Terpercaya

Salah satu tips mencari investor terpercaya adalah usahakan investor memiliki visi dan model bisnis yang sama dengan startup mu. Jika berbeda, maka akan mengalami penyesuaian terus menerus dan akan mengurangi rasa percaya tersebut.

Kadang, investor besar bukanlah segalanya, tetapi yang lebih bernilai adalah yang percaya dengan perkembangan startup mu.

Gunakan Digital Marketing

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, startup identik dengan menggunakan teknologi digital jaman sekarang. Itulah mengapa dalam memasarkan startup, cocok menggunakan digital marketing dan sosial media. Dengan menggunakan digital marketing, kamu dapat mengetahui dan mencari pasar yang membutuhkan jasa mu secara spesifik. 

 

Membangun sebuah bisnis baru sangat memerlukan effort yang kuat. Dalam artikel ini sudah diberikan tips-tips bagaimana kamu memulai startup untuk bisnis yang kamu minati. Tentunya dengan menambah ilmu dari sumber-sumber lain akan menambah wawasan mu selama proses membangun usaha ini. Semoga bermanfaat !

Default image
Ronaldo Nongsina